5 Cara Ini Dapat Mencegah Parental Burnout

Pernahkah Moms mengalami kelelahan emosional? Seperti rasanya sudah capek banget karena kehabisan energi secara mental dan fisik. Nah, mungkin sekarang Moms sedang mengalami Parental Burnout. Hal ini dapat terjadi ketika Moms terlalu fokus memenuhi kebutuhan anak sehingga meningkatkan stress, terlebih jika Moms sering mengabaikan kebutuhan diri sendiri sehingga mengalami kelelahan untuk melakukan kegiatan lainnya.

Faktor Penyebab

  1. Berusaha terlalu keras untuk menjadi sosok orangtua yang sempurna.
  2. Kurangnya dukungan eksternal. (Misalnya: keluarga dan lingkungan sekolah)
  3. Kesulitan ekonomi.
  4. Jadwal kerja yang padat. (Khususnya untuk Moms yang bekerja)
  5. Orangtua tunggal atau single parent.
  6. Terlalu banyak kegiatan yang dilakukan.

Beberapa Gejala Parental Burnout

  1. Depresi
  2. Cepat marah
  3. Kurang tidur
  4. Cemas
  5. Ingin menangis
  6. Overthinking
  7. Kelelahan kerja
  8. Emotional distancing

Jika beberapa gejala tersebut mungkin ada yang dialami oleh Moms dan seringkali mengganggu dalam aktivitas sehari-hari, maka jangan ragu untuk segera konsultasi ke ahli professional seperti psikolog ya Moms! Selain itu, kami juga memberikan tips yang dapat Moms lakukan untuk mencegah parental burnout.

1. Meluangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Padatnya aktivitas yang dilakukan Moms setiap harinya untuk mengurus anak tentunya seringkali membuat Moms lupa untuk merawat dan memperhatikan diri sendiri. Walaupun memperhatikan kebutuhan anak adalah kewajiban yang sulit untuk ditinggalkan, namun sesekali Moms juga harus memperhatikan diri sendiri. Selagi si kecil tidur atau sekolah, Moms bisa menikmati waktu untuk bersantai sejenak.

2. Minta Bantuan

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Menjadi orangtua tentunya bukan hal yang mudah ya Moms, terlebih jika Moms bekerja atau memiliki aktivitas lain diluar rumah. Apabila Moms merasa berat, jangan ragu untuk meminta tolong bantuan saudara atau orang yang terpercaya untuk membantu Moms mengurus si kecil.

3. Sadari Bahwa Moms Sudah Melakukan yang Terbaik

Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, namun adakalanya menjadi good-enough parents yang bahagia adalah yang dibutuhkan oleh anak. Ketahuilah bahwa selama ini Moms telah melakukan yang terbaik untuk anak. Sesekali melakukan self-reward dengan membeli makanan kesukaan juga boleh lho Moms!

4. Atur Jadwal dan Kegiatan Anak

Foto oleh Anete Lusina dari Pexels

Apabila si kecil sudah memasuki usia sekolah dan mengikuti aktivitas lainnya seperti berenang atau les membaca, Moms harus mengatur kembali ya jadwalnya supaya tidak terlalu padat dan sesuai dengan kebutuhannya. Membuat list dan jadwal kegiatan harian anak juga dapat memudahkan Moms untuk mengatur kegiatan lainnya supaya tidak bertabrakan.

5. Self Check Secara Berkala

Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Lakukan self-check secara berkala untuk memastikan Moms masih berada dalam kondisi mental yang sehat dan fokus pada tujuan. Moms bisa meminta bantuan teman dekat atau mengunjungi psikolog untuk menanyakan kondisi kesehatan mental.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Moms lakukan untuk mencegah terjadinya parental burnout. Orangtua yang sehat mental dan bahagia juga tentunya akan memiliki efek positif juga ya dalam tumbuh kembang anak. Jangan lupa simak tips parenting lainnya di laman kami ya Moms!

Ghea Rizki

Ghea R.

Bid the warmest greeting to lovely souls out there! IG : @ghrzk

Leave a Reply

Your email address will not be published.