Anak sering bertengkar dengan saudaranya? Bisa jadi tanda Siblings Rivalry

Photo by Monstera from Pexels

Hai moms, pernah nggak si kecil sering bertengkar demgan saudaranya? Bisa jadi itu tanda Siblings Rivalry pada anak loh moms, lalu apa itu Siblings Rivalry?

Siblings Rivalry adalah kecemburuan anak pada saudaranya sendiri yang baru lahir atau dengan usia yang berbeda, kecemburuan ini bisa terjadi karena anak merasa perhatian orang tua yang biasa diberikan hanya untuk si kakak, kini harus rela berbagi perhatian dengan si adik.

Untuk membuat anak saling menyayangi dan mencegah Siblings Rivalry semakin berkembang diantara saudara, moms bisa simak tips berikut ini ya!

1. Pahami bahwa karakter tiap anak berbeda

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Setiap anak punya keunikan mereka sendiri loh moms, unik berarti berbeda ya, meskipun mereka adalah saudara kandung, maka dengan menyadari perbedaan mereka, diharapkan orang tua tidak membanding-bandingkan dia dengan saudaranya karena akan memicu kecemburuan diantara mereka moms, misalnya si kakak yang kurang pandai dalam menggambar sedangkan si adik pintar menggambar, maka moms jangan memuji kelebihan si adik di hadapan kakaknya secara berlebihan.

2. Memperlakukan adik dan kakak secara adil

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Hal yang paling sering terjadi pada orang tua adalah, memberikan kasih sayang dan perhatian berlebih kepada si adik, dan menganggap sang kakak yang dinilai lebih tua dari adik harus selalu mengalah kepada sang adik. Ini yang akan membuat si adik merasa besar kepala dan selalu merasa menang dari sang kakak.

Contohnya ketika anak sedang bertengkar berebut mainan, alih – alih menyuruh sang kakak untuk selalu mengalah, sebaliknya yang perlu moms lakukan adalah dengan melakukan pendekatan kepada anak dan menanyakan apa akar masalahnya, jika sang kakak memainkan mainanya terlebih dahulu moms bisa memberi pengertian supaya si adik menunggu sampai sang kakak selesai memainkannya dan memberikan alternatif lain, seperti memberikan mainan yang lain sembari menunggu kakaknya selesai memainkan mainannya.

3. Berikan waktu yang berkualitas bagi masing-masing anak

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Jika sebelumnya moms masih timpang dalam memberikan perhatian dan waktu kepada sang kakak dan adik, mulai sekarang moms harus bisa membagi waktu dan perhatian moms ya, malaupun sang kakak lebih tua dari adik, sang kakak tetap membutuhkan perhatian dan waktu dari moms untuk mencegah timbulnya rasa kesal dan marah karena sang kakak merasa tidak mendapat waktu semenjak kehadiran si adik, hal ini dapat menimbulkan Siblings Rivalry loh moms.

Misalnya ketika si adik sedang tidur, moms bisa menemani sang kakak untuk belajar, sebaliknya ketika sang kakak sedang sekolah moms bisa menemani si adik bermain.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa moms terapkan untuk mencegah Siblings Rivalry semakin berkembang di antara saudara. Moms juga bisa sharing ke kerabat moms yang mempunyai anak lebih dari satu, seperti pola asuh apa yang mereka gunakan dan paling efektif. Moms hebat, moms pasti bisa!

Ridwan Arisandi

Ridwan Arisandi

Lorem ipsum dolor sit amet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.