Cegah Speech Delay pada Anak dengan 4 Kebiasaan Ini!

Hi Moms, Speech Delay atau keterlambatan bicara adalah suatu kondisi dimana si kecil mengalami keterlambatan berbicara dan berbahasa, salah satu penyebab speech delay adalah masalah oral atau area di mulutnya.

Sebelum anak mulai belajar berbicara, anak akan melalui fase oral terlebih dahulu, nah untuk mencegah speech delay, moms perlu melakukan stimulasi pada anak di fase oral dengan kebiasaan sehari – hari. berikut ini 4 kebiasaan yang bisa moms lakukan untuk mencegah speech delay pada anak diantaranya :

1. Rajin Menggosok Gigi

Foto oleh Singkham dari Pexels

Membiasakan anak untuk rajin menggosok gigi secara rutin, dapat merangsang sensori di fase oral loh moms, latihan sensori oral motor seperti ; bibir, gigi dan lidahnya dapat membantu mengurangi atau bahkan mencegah speech delay pada anak.

2. Makan Makanan yang Bertekstur

Foto oleh AMSW Photography -Alisha Smith Watkins dari Pexels

Moms dapat menstimulasi anak di fase oral, dengan memberikannya makanan pendamping asi dengan tekstur yang sesuai dengan usia anak.

3. Melakukan Pijatan Lembut di Area Mulut

Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Moms bisa melakukan pijatan – pijatan lembut di area mulut anak. Namun harus sesuai petunjuk ahli dan tidak asal memijat.

4. Mengajak Anak Berbicara Dua Arah

Foto oleh Kampus Production dari Pexels

Meskipun si kecil belum memahaminya, mengajak anak berbicara dapat menstimulasi kemampuan bicara anak, bahkan disarankan mengajak anak berbicara ketika masih bayi loh, nah selain mengajaknya bercanda moms bisa membacakan cerita dongeng dan menambahkan sedikit interaksi di dalamnya.

Nah itu dia 4 kebiasaan yang bisa mencegah anak mengalami speech delay, kuncinya terus stimulasi anak dengan rajin berkomunikasi dua arah dan dimulai sejak bayi baru lahir. Semangat moms hebat!

Ridwan Arisandi

Ridwan Arisandi

Lorem ipsum dolor sit amet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.