Harus Sekarang! 5 Cara Mendidik Anak Supaya Bersabar

Kesabaran bukan hanya kunci dari kesuksesan, namun kesabaran juga merupakan keahlian yang dapat dipelajari. Ada banyak manfaat dari kesabaran. Dari kemampuan untuk mengambil keputusan rasional hingga kemampuan untuk meningkatkan fokus dan menentukan pencapaian jangka panjang. Kesabaran membuat perbedaan besar dalam kehidupan seseorang. Cara terbaik untuk melatih kesabaran adalah dengan mempraktekkan kesabaran itu sendiri. Namun terkadang itu lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan.

Tahukah Moms, bahwa anak akan lebih mudah untuk menjadi sabar ketika kita telah mengajarkan kesabaran sejak dini. Anak-anak yang sejak dini telah dilatih kesabaran akan tumbuh besar menjadi orang yang memiliki kontrol diri dan kemampuan berpikir jangka panjang yang lebih baik. Faktanya, banyak ahli tumbuh kembang anak yang menyatakan bahwa mengajari anak kesabaran sejak dini adalah salah satu langkah yang penting dalam tumbuh kembangnya.

Jadi, apakah Moms sudah siap untuk mulai mengajari si kecil cara bersabar? Yuk simak tips berikut ini.

  1. Mulai Dari Hal Kecil
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Tidak semua anak terlahir dengan sifat sabar. Cara terbaik untuk mengajarkan anak sabar adalah dengan langkah kecil. Contohnya ketika si kecil meminta makanan maka katakan jika Moms akan mengambilkannya. Namun Moms tidak perlu terburu-buru ya, ajarkan si kecil untuk menunggu sejenak sambil katakan apa yang sedang Moms lakukan. Seperti saat berjalan ke dapur, mengambil piring, mengupas makanan, dan sebagainya. Dengan itu si kecil akan memahami bahwa mengambil makanan itu melalui beberapa proses dan ia harus menunggu.

2. Buat Anak Menunggu Lebih Lama

Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Jika Moms telah berhasil dengan cara sebelumnya, sekarang ajarkan anak untuk berhasil melakukan sesuatu terlebih dahulu sebelum mendapat keinginannya. Misalnya ketika nak meminta snack, katakan bahwa ia harus mengembalikan mainan ke tempatnya terlebih dahulu lalu ia akan mendapatkan snack. Jangan lupa berikan pujian kepada anak ya Moms karena telah menunggu dengan sabar.

3. Validasi Perasaannya

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Bersabar seringkali menimbulkan perasaan tidak nyaman atau rasa kesal ketika menunggu. Saat anak mulai merasakan hal tersebut, Moms tidak perlu khawatir dan katakan bahwa apa yang ia rasakan itu wajar dirasakan ketika menunggu. Bukan hanya pada anak-anak, seringkali perasaan itu juga dirasakan oleh orang dewasa. Beritahu mereka bahwa bersabar memang terasa tidak menyenangkan tapi mereka bisa melaluinya. Berikan pelukan juga boleh ya Moms untuk meredakan stressnya.

4. Ajari Kesabaran dengan Bermain

Foto oleh Orione Conceição dari Pexels

Salah satu cara efektif untuk mengajari anak bersabar adalah dengan mengajaknya bermain permainan yang memiliki giliran untuk bermain. Contohnya, mengajak anak main perosotan di tempat umum yang mengharuskan ia bergantian dengan teman-temannya atau bermain boardgame seperti ular tangga atau monopoli bersama anggota keluarga lainnya.

5. Jadilah Role-Model dalam Bersabar

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Tentunya mengajari anak bersabar bukanlah suatu hal yang mudah ya Moms? Selagi mempraktekkan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, penting bagi Moms sendiri untuk menjadi role-model anak dalam bersabar. Ingatlah bahwa anak merupakan peniru yang hebat, maka dari itu apabila Moms juga mempraktekkan kesabaran dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan lebih mudah juga untuk anak melakukan hal yang sama.

Bagaimana Moms? Sudah siapkah untuk mulai melatih kesabaran pada anak? Tetap telaten ya Moms dalam mengajari anak. Semoga bermanfaat! Simak juga tips parenting lainnya di Youtube Pelangi Center.

Ghea Rizki

Ghea R.

Bid the warmest greeting to lovely souls out there! IG : @ghrzk

Leave a Reply

Your email address will not be published.