Mengenal Alpha Generation : 5 Langkah Tepat Mendidik Anak Generasi Alfa

Sudah kenalkah Moms dengan Alpha Generation? Jika Moms termasuk generasi Z atau generasi Millenial, maka kemungkinan besar anak Moms merupakan generasi Alfa. Pasalnya, generasi ini adalah anak-anak yang terlahir pada tahun 2010-2025. Memiliki anak pada generasi ini merupakan tantangan yang cukup besar bagi Moms, karena sejak lahir si kecil sudah mengenal dan tumbuh bersama gadget dan juga pesatnya perkembangan teknologi.

Beberapa tantangan yang harus dihadapi adalah kecanduan gadget, cyberbullying, kesulitan untuk mengatur batasan konten yang dapat diakses atau ditonton oleh anak, dan juga rawannya mental health yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Namun, Moms tidak perlu merasa cemas ya! Berikut kami rangkumkan beberapa cara untuk mendidik anak generasi Alfa supaya dapat tumbuh secara optimal.

1. Menanamkan Nilai Moral dan Agama dalam Keluarga

Foto oleh Migs Reyes dari Pexels

Mengajari anak tentang nilai moral seperti baik-buruk, sebab-akibat merupakan hal yang paling penting untuk mengasuh generasi Alfa. Anak pada generasi ini secara pengetahuan mereka lebih unggul daripada generasi sebelumnya, karena semua hal dapat diakses dengan mudah oleh anak melalui internet. Terlebih sekarang ada kecanggihan tekonologi Artificial Intelligent seperti Google Assisstent dan Siri yang sudah tidak terlalu asing bagi anak jaman sekarang. Namun, untuk hal-hal seperti nilai moral dan agama merupakan hal yang harus diajarkan dan dicontohkan langsung oleh orangtua. Maka dari itu, penting untuk menanamkan hal ini pada anak sejak dini, supaya ia juga dapat mengontrol dirinya sendiri ketika melakukan sebuah tindakan.

2. Menetapkan Batasan yang Konsisten Untuk Screentime Anak

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Penggunaan screentime yang sesuai dengan usia anak perlu diterapkan secara konsisten sejak anak berusia dini ya Moms! Hal ini sangat bermanfaat supaya anak tidak mengalami kecanduan gadget. Terlebih untuk anak yang masih berusia 0-2 tahun, sangat tidak disarankan ya Moms untuk memberikannya gadget. Kecuali jika melakukan video call tidak apa-apa ya Moms, karena video call menggunakan komunikasi dua arah yang masih aman untuk anak.

3. Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Tanpa Terkesan Mengekang

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Sebelum anak mulai menggunakan gadget, pastikan Moms sudah memberikan penjelasan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan gadget serta media sosial. Beritahu juga tentang bahaya teknologi apabila anak tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Sesekali juga awasi tentang konten apa yang ditonton oleh anak, arahkan anak untuk menonton konten yang mengandung nilai moral dan juga permainan-permainan edukatif yang tentunya akan bermanfaat dan baik untuk tumbuh kembangnya.

4. Mengajak Anak Untuk Aktif Bersosialisasi

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Banyak dari generasi Alfa yang lahir di masa pandemi COVID-19, hal ini tentunya membatasi anak dalam kegiatan sosialisasinya. Namun Moms tetap harus memenuhi kebutuhan sosial anak dan melepaskannya dari gadget. Ajak anak pergi ke tempat saudara atau tempat umum yang aman bagi anak untuk bereksplorasi dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Mengajak anak untuk berbelanja dan meminta anak untuk mengambil atau membayarkan uang pada kasir merupakan salah satu contoh sederhana untuk mengajari anak bersosialisasi lho Moms!

5. Memperkuat Bonding dengan Anak

Foto oleh Jep Gambardella dari Pexels

Pola pengasuhan otoriter dan membuat orangtua seolah sosok yang ditakuti anak justru akan membuat anak tidak terbuka dan malah membuatnya suka berbohong atau enggan menceritakan apa yang ia rasakan kepada orangtua. Maka dari itu, Moms bisa memperkuat bonding dengan anak misalnya dengan makan bersama keluarga di pagi dan malam hari. Sesekali Moms juga harus aktif menanyakan apa yang sedang dilakukan oleh anak, memberikan apresiasi atas usaha atau kemajuan yang dilakukan anak juga bisa menjadi cara paling mudah untuk memperkuat bonding dengan anak.

6. Tidak Segan Untuk Belajar dan Mengikuti Perkembangan Teknologi

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Salah satu usaha menguatkan bonding dengan anak adalah ikut belajar mengenal teknologi dan perkembangan sosial media jaman sekarang lho Moms! Dengan menguasai hal tersebut, Moms juga bisa lebih dekat dengan anak dan mengetahui apa saja konten yang berbahaya untuk ditonton oleh anak. Meskipun orang dewasa umumnya lebih pandai menggunakan gadget, tapi anak-anak di generasi Alfa ini lebih canggih daripada yang Moms duga.

Itulah beberapa tips untuk mendidik anak yang terlahir sebagai generasi Alfa. Pola pengasuhan yang tepat tentunya juga akan membantu dalam pengoptimalan tumbuh kembang anak. Simak tips parenting lainnya juga ya Moms!

Ghea Rizki

Ghea R.

Bid the warmest greeting to lovely souls out there! IG : @ghrzk

Leave a Reply

Your email address will not be published.