Mindful Parenting : 5 Strategi Terhindar dari Stress Mengasuh Anak

Hi Moms, pernahkah Moms merasa kewalahan saat mengurus anak? Mulai dari bangun di pagi hari untuk menyiapkan sarapan, memandikan anak, hingga mengantarnya ke sekolah. Belum lagi harus mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, hal ini seringkali membuat Moms stress dan menjadi kurang stabil secara emosi. Mungkin sekarang Moms perlu mulai belajar tentang mindful parenting. Apa itu? Mindful parenting merupakan pola asuh yang dilakukan dengan kesadaran penuh. Pola asuh ini meminta Moms untuk fokus pada kondisi saat ini dan tidak membiarkan emosi atau trauma di masa lalu maupun di masa depan mempengaruhi reaksi dan tindakan di masa sekarang.

Berikut adalah 5 strategi mindful parenting yang perlu Moms ketahui :

1. Mendengarkan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Berikan perhatian penuh saat mendengarkan apa yang dikeluhkan atau apapaun yang diceritakan anak. Posisikan diri sebagai pendengar dan jangan lupa tunjukkan empati ya Moms! Jika komunikasi dua arah berjalan dengan baik, maka permasalahan pun akan lebih mudah untuk diselesaikan.

2. Tidak Menghakimi

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Saat anak bandel atau sulit diatur, seringkali membuat Moms langsung melabeli anak dengan sebutan nakal. Hal itu sebaiknya dihindari ya Moms! Ketika emosi sudah meluap, Moms jangan langsung marah atau mengambil tindakan tertentu ya. Untuk mengatasinya, Moms bisa melakukan metode STOP (Stop, Take a Breath, Observe, and Proceed) yang berarti Berhenti, Tarik Nafas, Amati, dan Proses. Setelah emosi mereda, Moms bisa perlahan ajak si kecil bicara.

3. Kesadaran Emosional

Foto oleh Flora Westbrook dari Pexels

Sadari bahwa orangtua juga tidak lepas dari kesalahan, apabila Moms terlalu berupaya menjadi orangtua yang sempurna dan menetapkan standar yang tinggi justru akan membuat anak akan semakin sulit menerima kegagalan. Selain anak yang merasakan kecewa, Moms juga akan ikut merasakannya dan bahkan malah Moms akan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi. Hal ini tentunya tidak baik ya Moms untuk kesehatan mental Moms dan juga si kecil sendiri.

4. Regulasi Diri

Foto oleh Daria Obymaha dari Pexels

Saat emosi sedang meluap atau tidak terkontrol, sebaiknya Moms mencernanya dulu dan tidak membiarkan emosi tersebut memunculkan reaksi langsung yang berlebihan seperti berteriak atau memukul.

5. Memberikan Kasih Sayang

Foto oleh Nicole Michalou dari Pexels

Menumbuhkan kasih sayang dan empati dalam mendidik anak tentunya akan membuat anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih sayang. Selain itu, anak juga akan lebih percaya diri dan tidak mudah menyalahkan diri sendiri apabila ada hal yang terjadi di luar kendalinya.

Nah, itulah beberapa strategi yang bisa Moms terapkan dalam mengasuh anak. Dengan pola asuh yang mindful tentunya dapat memperkuat hubungan antara orangtua dan anak. Tetap semangat ya Moms dalam mengasuh si kecil!

Ghea Rizki

Ghea R.

Bid the warmest greeting to lovely souls out there! IG : @ghrzk

Leave a Reply

Your email address will not be published.