Tanpa Berteriak, Inilah Cara Membuat Anak Menjadi Penurut!

Photo by August de Richelieu from Pexels

Hi Moms, Pasti setiap orang tua menginginkan anak yang penurut bukan? , tentu saja terkadang moms merasa jengkel apabila perintahnya diabaikan oleh anak begitu saja, dan harus menunggu sampai moms berteriak, akan tetapi memerintah anak dengan emosi justru kurang baik untuk kesehatan mental anak loh moms, lalu apa cara yang tepat membuat anak menjadi penurut tanpa berteriak? Simak caranya berikut ini ya moms.

1. Tidak memerintah anak secara langsung

Photo by Pixabay from Pexels

Hindari memerintah anak secara langsung tanpa melibatkan perasaan anak, misalkan jika sebelumnya moms memerintah anak dengan “bereskan mainanmu!” maka moms bisa ubah dengan “nanti kalau mainanmu berserakan bisa hilang loh”

2. Memberikan pilihan lain pada anak

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Ketika akan menyuruh anak melakukan sesuatu, berikan dua pilihan. yang sebenarnya apapun pilihan anak jawabannya adalah “Ya” misalkan “Kamu mau mama mandiin sekarang atau nanti mandi bareng papa?”

3. Buat perintah seolah menarik buat anak

Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

Buatlah perintah buat anak menjadi seakan-akan menyenangkan untuk dilakukan, contohnya “Ayo kumpulkan semua mobil dan masukkan ke dalam “garasi” (kotak)”

4. Buatlah anak belajar dari pekerjaan rumah

Photo by Maggie My Photo Album from Pexels

Saat meminta anak untuk membantu pekerjaan rumah, jadikan itu sebagai pelajaran berharga baginya, sekaligus untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, misalnya ketika meminta anak membantu menyiram tanaman, ajarkan bahwa tanaman bisa tumbuh dari kecil sampai besar dengan bantuan air, tanah, oksigen dan sinar matahari.

5. Manfaatkan imajinasi anak

Photo by Polesie Toys from Pexels

Manfaatkan imajinasi anak saat meminta anak melakukan sesuatu, misalnya “kasihan boneka itu sendirian di lantai, bukannya lebih baik menempatkan dia bersama temannya di rak?”

Nah, itu dia moms beberapa cara membuat anak menuruti perintah moms, tanpa harus berteriak atau memaksanya, yang mana akan berdampak buruk bagi kesehatan mental anak. Semangat moms hebat pasti bisa!

Ridwan Arisandi

Ridwan Arisandi

Lorem ipsum dolor sit amet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.