Tanpa Disadari, 5 Pola Asuh ini Membuat Anak Menjadi Pemberotak!

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Hi Moms! Mempunyai anak yang patuh dan penurut tentunya menjadi impian setiap orang, Namun banyak orang tua yang justru menerapkan pola asuh yang salah, yaitu pola asuh yang terlalu keras sehingga membuat anak tertekan, hal ini bisa menyebabkan anak tumbuh menjadi anak yang pemberontak, karena berbagai tekanan yang diterimanya,

Berikut ini kita rangkum 5 pola asuh yang menyebabkan anak menajdi pemberontak,

1. Memberikan hukuman yang terlalu keras pada anak.

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Memberikan hukuman yang terlalu keras pada anak akan membuatnya merasa tertekan dan bukan tidak mungkin, anak akan melawan karena banyaknya tekanan yang diberikan dari orang tua, bila si kecil sudah menjadi anak yang pemberontak, biasanya dia akan kebal bila dimarahi, tak jarang anak akan terbiasa berbohong karena takut dihukum orang tuanya.

2. Tidak mempercayai anak.

Foto oleh Elina Fairytale dari Pexels

Selalu memaksakan kehendak pada anak dan tidak memberinya ruang untuk melakukan keinginannya serta melarang anak melakukan ini itu, sebaiknya moms hindari. karena hal ini dapat menyebabkan anak menjadi membangkang karena merasa tidak dipercaya, akibatnya anak akan melawan untuk mempertahankan kemauannya.

3. Membanding – bandingkan anak.

Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, membandingkannya dengan anak lain hanya akan membuatnya memberontak karena merasa tidak mendapatkan keadilan.

4. Perilaku orang tua yang kurang baik

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Apabila moms sering bertengkar di depan anak, sering membentak anak ketika mendisiplinkannya atau bahkan memukulnya, hal ini dapat membuat anak meniru perbuatan tersebut untuk memberontak.

5. Enggan mengakui kesalahan

Foto oleh Josh Willink dari Pexels

Saat berbuat salah di depan anak, kebanyakan orang tua enggan untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf. hal ini membuat anak merasa kurang dihargai dan tumbuh menjadi pemberontak, karena merasa orang tuanya selalu benar.

Nah itu dia 5 pola asuh yang harus moms hindari saat mendidik anak, supaya anak tidak tumbuh menjadi pemberontak karena pola asuh yang terlalu keras.

Ridwan Arisandi

Ridwan Arisandi

Lorem ipsum dolor sit amet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.